Cikarang Dry Port (CDP) melakukan sinergi
dengan beberapa perusahaan operator pengangkutan untuk menarik dan
mengangkut kontainer. Contohnya CDP menggandeng anak usaha PT Kereta Api
Indonesia (KAI) untuk mengirim kontainer dari Cikarang ke Surabaya.
Layanan
kereta api disiapkan oleh Jakalogistics kerjasama PT Jababeka
Infrastruktur dan PT Kereta Api Logistik beroperasi sejak Juli 2012. Cikarang Inland Port punya stasiun khusus di Surabaya sana. Untuk KA dari Jakarta ada 5
trip baru kebagian 1 trip. Waktu tempuh bisa jauh lebih singkat.
Proses pengiriman kontainer dari Jakarta menuju Surabaya lebih efisien dan cepat menggunakan kereta ketimbang truk. Di samping dapat menampung jumlah kontainer dalam jumlah yang banyak, perjalanan kereta juga hanya memakan waktu 20 jam saja. Pakai kereta itu hanya 20 jam kalau pakai truk itu bisa 3 hari itu dari Jakarta ke Surabaya.
Namun selain menggunakan layanan kereta api, pihaknya juga mengoperasikan truk untuk menarik kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok. Kontainer ini nantinya akan di bongkar untuk kemudian dikirim kembali ke gudang si pemilik dengan proses yang jauh lebih cepat.
Proses pengiriman kontainer dari Jakarta menuju Surabaya lebih efisien dan cepat menggunakan kereta ketimbang truk. Di samping dapat menampung jumlah kontainer dalam jumlah yang banyak, perjalanan kereta juga hanya memakan waktu 20 jam saja. Pakai kereta itu hanya 20 jam kalau pakai truk itu bisa 3 hari itu dari Jakarta ke Surabaya.
Namun selain menggunakan layanan kereta api, pihaknya juga mengoperasikan truk untuk menarik kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok. Kontainer ini nantinya akan di bongkar untuk kemudian dikirim kembali ke gudang si pemilik dengan proses yang jauh lebih cepat.
Cikarang Inland Port gunakan truk
untuk tarik kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok. Truk itu
difasilitasi dari operator kita yaitu Blue Bird. Sampai akhir tahun
target kita bisa melayani 18.000-30.000 TEUs sekarang baru 9869 TEUs.
Semoga dengan adanya Cikarang Dry Port ini, dapat membantu bisa memecahkan masalah importasi dan exportasi di tanah air khususnya di tanjung priok jakarta utara, yang sudah sangat Over Loud untuk penampungan Tatan Container, sehingga dapat merugikan pihak Importir dan exportir dan jasa Kepengurusan Kepabeanan dan Kepengurusan Trucking...semoga di kedepannya Cikarang Dry Port sebagi lahan percontohan di indonesia.....selamat dengan adanya Cikarang Dray Port, semoga mengurus pengeluaran cargo di CDP tdk sulit di Tanjung Priok sekarang ini...terimakasih
BalasHapusSetuju....
BalasHapus