Selasa, 14 Agustus 2012

Sistem Boarding di Stasiun Kereta Api

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini PT KAI menerapkan sistem Boarding, dimana hanya penumpang yang memiliki tiket yang berhak masuk ke dalam peron. PT KAI juga melakukan pemeriksaan nama pada tiket dengan identitas penumpang harus sesuai. Untuk pengaturan pelayanan, maka diberlakukan ketentuan sebagai berikut.
Yang diperkenankan masuk ke dalam peron hanya penumpang yang telah memiliki tiket KA keberangkatan pada hari yang dimaksud dengan nama yang tertera pada tiket sesuai dengan kartu identitas yang dimiliki penumpang (ktp/sim/passport/id lainnya). Keseuaian nma yang tertera pada tiket akan diperiksa kesesuaiannya dengan kartu identitas oleh petugas portir. Tiket akan distempel basah dengan tulisan “sesuai identitas” apabila telah dinyatakan sesuai.
Khusus tiket KA yang dicetak sebelum tanggal 1 Juli 2012 masih diperkenankan dipergunakan oleh penumpang dengan nama yang tidak sesuai dengan yang tertera pada tiket, tiket tersebut distempel basah dengan tulisan “telah diperiksa”. Untuk tiket KA yang dicetak sebelum tanggal 1 Agustus dimana satu tiket dapat dipergunakan oleh lebih dari satu penumpang, dengan nama yang tertera pada tiket hanya satu nama, maka yang diverifikasi ID nya adalah penumpang dengan nama yang tertera pada tiket.

Pemeriksaan Tiket dan Identitas Penumpang oleh Petugas Portir

Apabila terdapat penumpang yang tiketnya belum distempel “sesuai identitas” atau “telah diperiksa” maka kondektur akan memeriksa kesesuaian nama pada tiket dengan kartu identitas penumpang, tiket diperkenankan tidak sesuai dengan nama yang tertera pada tiket apabila tiket dicetak sebelum tanggal 1 Juli 2012. Jika ditemukan penumpang yang tiketnya tidak sesuai dengan ketentuan diatas, maka akan diturunkan di stasiun selanjutnya. Bagi penumpang dengan kebutuhan khusus dimana memerlukan pendampingan di stasiun, maka pengantar/penjemput diperbolehkan masuk stasiun dilengkapi dengan Kartu Tanda Pengenal Khusus yang bisa didapatkan di petugas portir.

 
Layanan Cas HP Gratis di Stasiun

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan, kemanan, dan ketertiban bagi para penumpang. Selain itu, PT KAI juga telah menyediakan berbagai layanan lainnya baik di stasiun maupun di atas KA. Penumpang bisa menikmati layanan charging handphone gratis, Toilet gratis, Posko Kesehatan Gratis, wi-fi gratis, dan lain-lain selama menunggu keberangkatan KA di stasiun. Sedangkan untuk layanan di atas KA, penumpang akan mendapatkan layanan, Customer Service On Train, Stop Kontak gratis, dan lain-lain. (Humaska)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar