Pada masa angkutan Lebaran tahun ini PT KAI menerapkan sistem Boarding,
dimana hanya penumpang yang memiliki tiket yang berhak masuk ke dalam
peron. PT KAI juga melakukan pemeriksaan nama pada tiket dengan
identitas penumpang harus sesuai. Untuk pengaturan pelayanan, maka
diberlakukan ketentuan sebagai berikut.
Yang diperkenankan masuk ke dalam peron
hanya penumpang yang telah memiliki tiket KA keberangkatan pada hari
yang dimaksud dengan nama yang tertera pada tiket sesuai dengan kartu
identitas yang dimiliki penumpang (ktp/sim/passport/id lainnya).
Keseuaian nma yang tertera pada tiket akan diperiksa kesesuaiannya
dengan kartu identitas oleh petugas portir. Tiket akan distempel basah
dengan tulisan “sesuai identitas” apabila telah dinyatakan sesuai.
Khusus tiket KA yang dicetak sebelum
tanggal 1 Juli 2012 masih diperkenankan dipergunakan oleh penumpang
dengan nama yang tidak sesuai dengan yang tertera pada tiket, tiket
tersebut distempel basah dengan tulisan “telah diperiksa”.
Untuk tiket KA yang dicetak sebelum tanggal 1 Agustus dimana satu tiket
dapat dipergunakan oleh lebih dari satu penumpang, dengan nama yang
tertera pada tiket hanya satu nama, maka yang diverifikasi ID nya adalah
penumpang dengan nama yang tertera pada tiket.
Pemeriksaan Tiket dan Identitas Penumpang oleh Petugas Portir
Apabila terdapat penumpang yang tiketnya belum distempel “sesuai identitas” atau “telah diperiksa” maka
kondektur akan memeriksa kesesuaian nama pada tiket dengan kartu
identitas penumpang, tiket diperkenankan tidak sesuai dengan nama yang
tertera pada tiket apabila tiket dicetak sebelum tanggal 1 Juli 2012.
Jika ditemukan penumpang yang tiketnya tidak sesuai dengan ketentuan
diatas, maka akan diturunkan di stasiun selanjutnya. Bagi penumpang
dengan kebutuhan khusus dimana memerlukan pendampingan di stasiun, maka
pengantar/penjemput diperbolehkan masuk stasiun dilengkapi dengan Kartu
Tanda Pengenal Khusus yang bisa didapatkan di petugas portir.
Layanan Cas HP Gratis di Stasiun
Hal ini ditujukan untuk meningkatkan
kenyamanan, kemanan, dan ketertiban bagi para penumpang. Selain itu, PT
KAI juga telah menyediakan berbagai layanan lainnya baik di stasiun
maupun di atas KA. Penumpang bisa menikmati layanan charging handphone gratis, Toilet gratis, Posko Kesehatan Gratis, wi-fi
gratis, dan lain-lain selama menunggu keberangkatan KA di stasiun.
Sedangkan untuk layanan di atas KA, penumpang akan mendapatkan layanan, Customer Service On Train, Stop Kontak gratis, dan lain-lain. (Humaska)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar