- INTERNET RESERVATION
Pemesanan tiket melalui internet yaitu dengan membuka situs resmi PT KAI di www.kereta-api.co.id atau agen online resmi PT KAI di www.tiket.com
. Calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan,
tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang melalui web tersebut.
Setelah mengisi data diri yang sesuai identitas, calon penumpang akan
mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui
ATM Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BII, CIMB Niaga, OCBC NISP, Panin,
BPR-KS, BPD DIY, BCA Klik Pay atau menggunakan Kartu Kredit VISA /
Master Card. Setelah pembayaran anda akan mendapatkan notifikasi melalui
email. cetak email notifikasi tersebut dan tukarkan dengan tiket KA di
stasiun terdekat. Pembelian melalui Situs resmi PT KAI dapat dilakukan
untuk keberangkatan H-2 sampai H-90. Pembelian melalui Situs Tiket.com
dapat dilakukan untuk 6 Jam sebelum keberangkatan sampai H-90.
- CONTACT CENTER 121
Cukup menghubungi 121 dari telefon rumah atau 021-121 dari telefon
genggam untuk melakukan pemesanan tiket KA. Kode pembayaran yang
didapatkan melalui contact center 121 dapat dibayarkan melalui ATM Bank
Mandiri, BRI, BNI, BCA, BII, CIMB Niaga, OCBC NISP, Panin, BPR-KS, BPD
DIY, CIMB Clicks, Internet Banking Mandiri, Minimarket Alfamart dan
Indomaret. Pembayaran paling lambat 3 jam setelah mendapatkan kode
pembayaran. Pemesanan melalui Contact Center 121 minimal untuk 6 jam
sebelum keberangkatan sampai H-90.
- PEMBELIAN TIKET MELALUI INDOMARET
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Indomaret. Setelah
melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran.
Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk
mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Indomaret adalah untuk
keberangkatan H-1 sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar
Rp 7500.
- PEMBELIAN TIKET MELALUI ALFAMART
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Alfamart. Setelah
melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran.
Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk
mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Alfamart adalah untuk 6 jam
sebelum keberangkatan sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan
sebesar Rp 6000.
- PEMBELIAN TIKET MELALUI PT. POS INDONESIA
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Kantor Pos. Setelah
melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran.
Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk
mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui PT. Pos Indonesia adalah untuk
keberangkatan H-1 sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar
Rp 7500.
- PEMBELIAN TIKET MELALUI GERAI FASTPAY
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Gerai Fast Pay.
Setelah melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk
pembayaran. Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online
terdekat untuk mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Gerai Fast Pay
adalah untuk keberangkatan H-1 Jam sampai H-90 dan akan dikenakan biaya
tambahan sebesar Rp 7500.
- PEMBELIAN TIKET MELALUI GERAI CITOS CONNECTION
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Gerai citos
Connection. Setelah melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan
struk pembayaran. Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online
terdekat untuk mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Gerai Citos
Connection adalah untuk keberangkatan H-1 sampai H-90 dan akan dikenakan
biaya tambahan sebesar Rp 7500.
- RAIL AGENT
Rail Agent adalah badan usaha /perusahaan yang berbadan hukum yang
mewakili PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memasarkan,
mempromosikan, dan melayani pemesanan karcis di daerah tertentu.
- Datang ke lokasi Rail Agent tiket KA
- Memesan tiket KA, sesuai keinginan.
- Pembelian melalui Agen adalah untuk keberangkatan sampai H-90 dan akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 10000
- Periksa kembali tiket sebelum meninggalkan Rail Agent.
- PEMBELIAN MELALUI DRIVE THRU
DRIVE THRU adalah Layanan tambahan bagi pengguna jasa berupa layanan
pemesanan tiket dalam kendaraan, sehingga pembelian tiket yang
menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parkir ataupun turun dari
kendaraan terlebih dahulu untuk membeli tiket kereta api, cukup masuk ke
dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat.
Untuk saat ini layanan tiket Drive Thru telah tersedia di Statsiun
Gambir, Cirebon, Semarang Tawang dan segera menyusul di Surabaya serta
kota-kota lain.
- RAIL CARD DAN RAIL BOX
Rail Card adalah kartu prepaid sebagai pengganti uang tunai
digunakan untuk pembelian tiket Kereta Api, berbelanja di
merchant-merchant yang memasang logo BNI Prepaid dan berfungsi sebagai
Kartu Keanggotaan Kereta Api. Alat ini berfungsi selama 24 Jam.
Cara Pembelian Tiket KA (kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi Komersial/AC) dengan
Rail Card :
Tempelkan kartu Rail Card pada mesin Rail Box. Ikuti menu yang ada pada
mesin Rail Box, seperti; isi nama KA, stasiun keberangkatan &
tujuan,tanggal & jam keberangkatan, dll.. Struk kode booking akan
keluar dari mesin Rail Box setelah transaksi, lalu tukarkan dengan
tiket KA di loket stasiun.
Rail Box adalah mesin penjual tiket kereta api yang ditempatkan
di stasiun-stasiun besar, di mall-mall dan di tempat-tempat yang
telah ditentukan, sebagai tempat pembelian tiket kereta api dengan
menggunakan kartu Rail Card.
Rail Card dapat diperoleh di kantor-kantor cabang BNI dan Customer
Service di stasiun KA dengan harga kartu perdana Rp. 20.000,- (dua puluh
ribu rupiah) dan dapat diisi ulang (top up) sampai dengan
Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) di ATM BNI, merchant BNI dan mesin
EDC (Electronic Data Capture) yang ada di loket stasiun KA. Setiap
pembelian tiket KA menggunakan Rail Card akan mendapatkan poin reward
yang dapat ditukarkan dengan tiket gratis.
- PEMBAYARAN MELALUI TAP IZY TELKOMSEL
Penumpang cukup mendatangi loket yang menyediakan layananan pembayaran
menggunakan alat Tap-Izy. Pembayaran menggunakan Tap-Izy ini dapat
dilakukan untuk pembayaran KA Baraya Geulis
(Padalarang-Bandung-Cicalengka), Argo Parahyangan (Bandung - Jakarta
pp), dan KA Prameks (Surakarta – Yogyakarta – Kutoarjo pp). Untuk dapat
menikmati fasilitas Tap-Izy bagi pelanggan kartuHALO dan simPATI
terlebih dahulu harus mengganti sim card-nya dengan sim card
Tap-Izy di GraPARI terdekat. Masyarakat juga dapat membeli kartu
perdana simPATI yang sudah dilengkapi fitur Tap-Izy di gerai Indomaret
dan 7-Eleven yang bertanda Tap-Izy. Tap-Izy dapat diisi saldo dengan
nominal Rp 25.000 hingga Rp 1 juta di GraPARI dan gerai Indomaret.
Hanya meng-Tap-kan ponsel kepada mesin Tap Izy, transaksi pembelian
tiket sudah terjadi. Tidak perlu repot lagi menggunakan uang kertas atau
menunggu uang kembalian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar