• INTERNET RESERVATION

Pemesanan tiket melalui internet yaitu dengan membuka situs resmi PT KAI di www.kereta-api.co.id atau agen online resmi PT KAI di www.tiket.com . Calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang melalui web tersebut. Setelah mengisi data diri yang sesuai identitas, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui ATM Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BII, CIMB Niaga, OCBC NISP, Panin, BPR-KS, BPD DIY, BCA Klik Pay atau menggunakan Kartu Kredit VISA / Master Card. Setelah pembayaran anda akan mendapatkan notifikasi melalui email. cetak email notifikasi tersebut dan tukarkan dengan tiket KA di stasiun terdekat. Pembelian melalui Situs resmi PT KAI dapat dilakukan untuk keberangkatan H-2 sampai H-90. Pembelian melalui Situs Tiket.com dapat dilakukan untuk 6 Jam sebelum keberangkatan sampai H-90.

  • CONTACT CENTER 121

Cukup menghubungi 121 dari telefon rumah atau 021-121 dari telefon genggam untuk melakukan pemesanan tiket KA. Kode pembayaran yang didapatkan melalui contact center 121 dapat dibayarkan melalui ATM Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BII, CIMB Niaga, OCBC NISP, Panin, BPR-KS, BPD DIY,  CIMB Clicks, Internet Banking Mandiri, Minimarket Alfamart dan Indomaret. Pembayaran paling lambat 3 jam setelah mendapatkan kode pembayaran. Pemesanan melalui Contact Center 121 minimal untuk 6 jam sebelum keberangkatan sampai H-90.

  • PEMBELIAN TIKET MELALUI INDOMARET
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Indomaret. Setelah melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran. Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Indomaret adalah untuk keberangkatan H-1 sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 7500.

  • PEMBELIAN TIKET MELALUI ALFAMART
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di  Alfamart. Setelah melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran. Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Alfamart adalah untuk 6 jam sebelum keberangkatan sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 6000.

  • PEMBELIAN TIKET MELALUI PT. POS INDONESIA
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Kantor Pos. Setelah melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran. Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui PT. Pos Indonesia adalah untuk keberangkatan H-1 sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 7500.

  • PEMBELIAN TIKET MELALUI GERAI FASTPAY
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Gerai Fast Pay. Setelah melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran. Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Gerai Fast Pay adalah untuk keberangkatan H-1 Jam sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 7500.

  • PEMBELIAN TIKET MELALUI GERAI CITOS CONNECTION
Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket di Gerai citos Connection. Setelah melakukan pembelian, penumpang akan mendapatkan struk pembayaran. Tukarkan struk pembayaran tersebut di stasiun online terdekat untuk mendapatkan tiket KA. Pembelian melalui Gerai Citos Connection adalah untuk keberangkatan H-1 sampai H-90 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 7500.

  • RAIL AGENT

Rail Agent adalah badan usaha /perusahaan yang berbadan hukum yang mewakili PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memasarkan, mempromosikan, dan melayani pemesanan karcis di daerah tertentu.
  1. Datang ke lokasi Rail Agent tiket KA
  2. Memesan tiket KA, sesuai keinginan.
  3. Pembelian melalui Agen adalah untuk keberangkatan sampai H-90 dan akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 10000
  4. Periksa kembali tiket sebelum meninggalkan Rail Agent.

  • PEMBELIAN MELALUI DRIVE THRU

DRIVE THRU adalah Layanan tambahan bagi pengguna jasa berupa layanan pemesanan tiket dalam kendaraan, sehingga pembelian tiket yang menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parkir ataupun turun dari kendaraan terlebih dahulu untuk membeli tiket kereta api, cukup masuk ke dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat. Untuk saat ini layanan tiket Drive Thru telah tersedia di Statsiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang dan segera menyusul di Surabaya serta kota-kota lain.

  • RAIL CARD DAN RAIL BOX

Rail Card  adalah  kartu  prepaid  sebagai  pengganti  uang  tunai  digunakan  untuk pembelian tiket Kereta Api, berbelanja di merchant-merchant yang memasang  logo BNI Prepaid dan berfungsi sebagai Kartu Keanggotaan Kereta Api. Alat ini berfungsi selama 24 Jam.
Cara Pembelian Tiket KA (kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi Komersial/AC) dengan
Rail Card  :
Tempelkan kartu Rail Card pada mesin Rail Box. Ikuti menu yang ada pada mesin Rail Box, seperti;  isi nama KA, stasiun keberangkatan & tujuan,tanggal &  jam keberangkatan, dll.. Struk kode booking akan keluar dari mesin Rail Box setelah transaksi,  lalu tukarkan dengan tiket KA di  loket stasiun.
Rail Box  adalah mesin penjual  tiket  kereta  api  yang ditempatkan  di  stasiun-stasiun besar,  di  mall-mall  dan  di  tempat-tempat  yang  telah  ditentukan,  sebagai  tempat pembelian tiket kereta api dengan menggunakan kartu Rail Card.
Rail Card dapat diperoleh di kantor-kantor cabang BNI dan Customer Service di stasiun KA dengan harga kartu perdana Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) dan dapat diisi ulang (top up) sampai dengan Rp1.000.000,-  (satu  juta  rupiah) di ATM BNI, merchant BNI dan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang ada di  loket stasiun KA. Setiap pembelian  tiket KA menggunakan Rail Card akan mendapatkan poin reward yang dapat ditukarkan dengan  tiket gratis.

  • PEMBAYARAN MELALUI TAP IZY TELKOMSEL
Penumpang cukup mendatangi loket yang menyediakan layananan pembayaran menggunakan alat Tap-Izy. Pembayaran menggunakan Tap-Izy ini dapat dilakukan untuk pembayaran KA Baraya Geulis (Padalarang-Bandung-Cicalengka), Argo Parahyangan (Bandung - Jakarta pp), dan KA Prameks (Surakarta – Yogyakarta – Kutoarjo pp). Untuk dapat menikmati fasilitas Tap-Izy bagi pelanggan kartuHALO dan simPATI terlebih dahulu harus mengganti sim card-nya dengan sim card Tap-Izy di GraPARI terdekat. Masyarakat juga dapat membeli kartu perdana simPATI yang sudah dilengkapi fitur Tap-Izy di gerai Indomaret dan 7-Eleven yang bertanda Tap-Izy. Tap-Izy dapat diisi saldo dengan nominal Rp 25.000 hingga Rp 1 juta di GraPARI dan gerai  Indomaret. Hanya meng-Tap-kan ponsel kepada mesin Tap Izy, transaksi pembelian tiket sudah terjadi. Tidak perlu repot lagi menggunakan uang kertas atau menunggu uang kembalian.